APA ITU PABX ??

PABX (Private Automatic Brand Exchange)
Sudah tidak asing lagi di dalam dunia teknologi komunikasi yang disebut dengan PABX, PABX ini mengacu pada sebuah sistem telekomunikasi/telepon. Dari kepanjangan PABX diatas secara awam dapat kita terjemahkan dan artikan bahwa PABX merupakan suatu sistem atau perangkat yang secara otomatis dapat mencabangkan (branch) menjadi dua atau lebih sistem atau instalasi telepon untuk dapat dijadikan saluran yang dapat bediri sendiri (private) tanpa diparalel dengan saluran yang lainnya, dan dapat digunakan untuk melakukan pertukaran (exChange) komunikasi incoming/outgoing tersendiri. PABX banyak digunakan untu perkantoran, hotel, villa, sekolah-sekolah atau gedung besar lainnya untuk mempermudah berkomunikasi.
PABX menghasilkan dua atau lebih nomor ekstention/nomor telepon. Dengan memakai PABX ini dapat menghemat biaya pemakaian dimana kita tidak perlu membayar untuk pemakaian telepon yang digunakan di area internal PABX atau antar ekstention. PABX juga akan mengoptimalkan pemakaian/pemesanan line telepon PSTN (Public Switch Telephone Network) atau provider telepon sehingga kita tidak perlu memesan line telepon sebanyak ekstention yang kita miliki.
PABX terdiri dari sebuah atau lebih perangkat/hardware yang dihubungkan sedemikian rupadengan instalasi jaringan telepon, dalam PABX terdapat banyak modul-modul atau card yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing, contohnya module/card CPU untuk sistem prosessing PABX itu sendiri, module/card COT/E1/T1 untuk menghubungkan PABX dengan PSTN line, card ekstention untuk menghasilkan nomor-nmor ekstention, dan masih banyak lagi module/card lainnya yang mempunyai fungsi tersendiri. Berbeda brand atau type dari PABX tersebut maka module yang digunakan dan penamaannya pun juga berbeda sesuai dengan pabrikan dari PABX itu sendiri.

Terdapat beberapa jenis PABX yang digunakan saat ini, diantaranya :
PABX analog
Adalah PABX yang mempunyai output ekstention analog saja. Jenis pesawat telepon analog sama seperti yang dipakai di rumah yang dihubungkan langsung dengan PSTN, tidak perlu pesawat khusus yang digunakan untuk ekstention analog ini. PABX analog ini biasanya digunakan untuk pemasangan telepon dengan skala kecil seperti untuk perumahanan/villa yang tidak memerlukan jumlah ekstention yang banyak.
PABX digital
Adalah PABX yang mempunyai output atau ekstention berupa data digital. Banyak perbedaan yang terdapat pada pesawat digital, baik dari segi teknis, proses atau infrastrukturnya, namun banyak fitur-fitur tambahan yang dapat di install pada sistem digital ini tergantung jenis PABX dan jenis pesawat yang digunakan, seperti pada PABX yang saya gunakan contohnya pesawat digital ini dapat diberikan lebih dari satu nomor ekstention, dapat di install fitur flexible speedcall yang dapat diatur oleh user, dapat di install aplikasi callwait pada suatu pesawat, dan masih banyak fitur-fitur lainnya.
PABX hybrid
Adalah PABX yang mempunyai gabungan dari dua sistem diatas.

Berikut merupakan gambar basic diagram dari sebuah jaringan PABX :

Basic single line diagram PABX

Gambar diatas merupakan sebuah gambaran umun dari PABX. Dari gambar diatas dapat kita lihat sebuah basic single line diagram dari PABX. Gambar diatas dicontohkan sebuah PABX dengan kapasitas kecil, dimana hanya membutuhkan beberapa PSTN lines, jadi biasanya langsung dihubungkan dengan PABX tanpa perantara frame atau panel dan langsung menuju ke port PABX itu sendiri. Sebagai ilustrasi, dari gambar diatas juga menunjukkan PABX tersebut menghasilkan beberapa ekstention telepon
Secara garis besar cara kerja PABX adalah untuk mengatur, mengarahkan, dan memonitoring sistem incoming/outgoing telepon sesuai pemrograman yang dilakukan. Beberapa contohnya adalah
- Dapat menutup dan membuka line agar dapat melakukan outgoing call melalui PSTN, jadi ekstention yang ditunjuk dapat diblok, dibuka atau dibatasi penggunaannya. Dalam sistem perhotelan, PABX biasanya terhubung dengan sistem PMS (Property Management Sistem) atau HMS (Hotel Management System) dimana nantinya PMS/HMS dapat membuka atau menutup line telepon untuk outgoing call dari kamar tamu secara otomatis saat tamu sudah terdaftar untuk check in ataupun sudah check out.

- Dapat mengarahkan panggilan telepon atau masuk atau keluar, misalkan jika terdapat telepon masuk dari luar, kita dapat mengatur/memprogram sebelumnya agar panggilan tersebut dapat diarahkan ke operator, reservasi, atau service center sesuai yang diinginkan.  Begitupun dengan panggilan keluar dapat di program untuk diarahkan agar menumpangi line PSTN yang ditunjuk.

- Dapat memonitoring sistem telepon. Untuk sistem monitoring ini biasanya terdapat pada PABX yang berskala besar seperti di hotel-hotel besar yang terdiri dari ratusan nomor agar dapat mempermudah operasional, PABX ini dapat memantau semua pemakaian ekstention telepon, baik itu memantau lama pembicaraan, record panggilan keluar atau masuk. Pada sistem PMS/HMS yang terhubung dengan PABX juga dapat memonitoring pemakaian telepon,misalnya dari kamar tamu untuk nantinya saat tamu check out dibuatkan total biaya pemakaian telepon serta record nomor tujuannya saat, dan banyak hal lain lagi yang dapat dimonitoring sesuai dengan jenis PABX itu sendiri.

Sistem tambahan yang biasanya terhubung dengan PABX yang berkapasitas besar dan lebih kompleks adalah sistem voicemail, dimana jika nomor tujuan tidak dapat dihubungi, si penelpon dapat meninggalkan pesan. Voicemail ini berupa mesin penjawab otomatis, dimana jika ada panggilan yang tidak terjawab akan otomatis diprogram untuk terforward ke nomor voicemail untuk meninggalkan pesan.
Dari pembahasan secara singkat mengenai PABX diatas dapat disimpulkan bahwa pemakaian PABX saat ini sangat penting dibutuhkan untuk kelancaran operasional pada property-property besar saat ini, bahkan harus disediakan sebagai salah satu sistem infrastruktur telekomunikasi. Masih banyak lagi infrastruktur yang terhubung dengan jaringan PABX yang akan coba saya jelaskan di kesempatan berikutnya. Demikian yang dapat saya jelaskan semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Designed by Binaya Gurung. Banner vector designed by Freepik. Edited and Manage by Sumartana Wayan ©2015 PABX-BASIC