CARA MEMBACA TN (TERMINAL NUMBER) PADA KABINET PABX


PABX terdiri dari beberapa atau banyak perangkat atau hardware,dimana perangkat-perangkat ini diletakkan dalam satu atau lebih kabinet atau rak yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Sebelum melakukan trouble shooting, kita harus terlebuh dahulu mengetahui cara membaca penamaan kabinet PABX, karena dari kabinet inilah extention/nomor-nomor telepon dihasilkan dan didistribusikan. Penamaan ini disebut dengan TN, TN bukanlah Telephone Number seperti persepsi kebanyakan orang, melainkan TN adalah Terminal Number. TN merupakan penomeran yang mewakili lokasi fisik dari sebuah extention dan harus akurat diketahui untuk melakukan perbaikan ataupun perubahan-perubahan pada sebuah extention.
Mengingat dalam PABX terdapat banyak module/card maka disini hanya akan membahas yang berhubungan dengan card extention terlebih dahulu.


Gambar diatas menunjukkan sebuah kabinet PABX. Urutan penamaan pada kabinet adalah LSCU (Loop,Shelf,Card,Unit).
Loop : merupakan penamaan lingkar instalasi dari beberapa atau banyak kabinet yang terpasang dalam suatu instalasi kabinet PABX. Penamaan ini ditentukan dari pemrograman awal PABX. 
Shelf : merupakan penamaan dari rak PABX itu sendiri, penamaan ini juga ditentukan sebelumnya dari pemrograman awal PABX,
Card : merupakan penamaan dari slot-slot dimana card itu dipasang.
Unit : merupakan penamaan dari isi card itu sendiri, perlu diketahui dalam satu card extention terdapat 16 unit extention yang akan dihasilkan yang dihitung dari unit 0 sampai unit 15. Untuk card ekstention ada dua jenis card yaitu card analog dan digital,card analog khusus untuk ekstention analog, begitu juga sebaliknya.

Pada gambar yang ditunjukkan oleh point (A) diatas merupakan penamaan dari slot-slot card pada kabinet PABX. Untuk pemasangan card extention hanya bisa dipasang di slot 1 sampai slot 10. Untuk slot yang lain diperuntukkan untuk card tersendiri seperti pada gambar diatas terdapat slot MGU untuk Media Gateway Utility card, MGC slot untuk Media Gateway Controler card, CP slot untuk Card prossesing, dan slot-slot yang lain yang hanya diperuntukkan untuk spesifik card tertentu.
Pada gabar yang ditunjukkan di point (B) merupakan contoh card-card yang terpasang, secara visual kita dapat mengetahui card apa saja yang terpasang dapat dibaca melalui kode yang tertera pada body card itu sendiri. 
Pada card MGC, terdapat display nomor seperti yang ditunjukkan point (C) pada gambar, display tersebut menunjukkan angka 0090, display ini merupakan penamaan loop dan shelf pada kabinet. Digit yang dibaca adalah tiga digit awal dan baru kemudian dengan digit ke 4, jadi kabinet tersebut berada di loop "009" dan di shelf atau rak "0". 
Jadi kesimpulannya jika pada sistem PABX terbaca ekstention dengan TN 009 0 2 2, maka letak fisik dari extention tersebut adalah pada kabinet loop "9", shelf/rak "0", card di slot "2" dan di port card unit nomor "2". Untuk memastikan kita dapat membuka kabinet dan melihat secara fisik card yang terpasang sesuai TN yang terbaca, apakah sudah terpasang card atau belum. Gampang bukan?

Setelah mengetahui letak TN dari suatu extention maka selanjutnya dari kabinet akan di distribusikan ke MDF,IDF,TB & JB. Apa itu MDF,IDF,TB & JB, bagaimana struktur didalamnya, dan bagaimana jaringan instalasinya akan saya bahas di kesempatan berikutnya. 

Semoga bermanfaat.


2 komentar:

Template Designed by Binaya Gurung. Banner vector designed by Freepik. Edited and Manage by Sumartana Wayan ©2015 PABX-BASIC